Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. (Yoh 1:1-5)

Minggu, 20 Maret 2011

Percakapan dengan Perempuan Samaria



Carracci - The Samaritan Woman at the Well

Located in the Catacomb of Via Latina outside Rome this painting is linked with the Biblical scripture John 4:1-42. There are a great many versions, however this one is an oil on canvas painted by Italian artist Annibale Carracci around 1593 CE. (http://artsmasterpiece.blogspot.com/2010_10_01_archive.html)


Yohanes 4 : 5 - 42


5              Maka sampailah Ia ke sebuah kota di Samaria,
                yang bernama Sikhar
                dekat tanah yang diberikan Yakub dahulu kepada anaknya, Yusuf.
6              Di situ terdapat sumur Yakub.
                Yesus sangat letih oleh perjalanan,
                karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu.
                Hari kira-kira pukul dua belas.
7              Maka datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air.
                Kata Yesus kepadanya:
                                "Berilah Aku minum."
8              Sebab murid-murid-Nya telah pergi ke kota membeli makanan.
9              Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya:
                                "Masakan Engkau,
                                seorang Yahudi, minta minum kepadaku,
                                seorang Samaria?"
                (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.)
10           Jawab Yesus kepadanya:
                                "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah
                                dan siapakah Dia yang berkata kepadamu:
                                Berilah Aku minum!
                                niscaya engkau telah meminta kepada-Nya
                                dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."
11           Kata perempuan itu kepada-Nya:
                                "Tuhan,
                                Engkau tidak punya timba
                                dan sumur ini amat dalam;
                                dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu?
12                           Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kami Yakub,
                                yang memberikan sumur ini kepada kami
                                dan yang telah minum sendiri dari dalamnya,
                                ia serta anak-anaknya dan ternaknya?"
13           Jawab Yesus kepadanya:
                                "Barangsiapa minum air ini,
                                ia akan haus lagi,
14                           tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya,
                                ia tidak akan haus untuk selama-lamanya.
                                Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya,
                                akan menjadi mata air di dalam dirinya,
                                yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."
15           Kata perempuan itu kepada-Nya:
                                "Tuhan, berikanlah aku air itu,
                                supaya aku tidak haus
                                dan tidak usah datang lagi ke sini untuk menimba air."
16           Kata Yesus kepadanya:
                                "Pergilah,
                                panggillah suamimu
                                dan datang ke sini."
17           Kata perempuan itu:
                                "Aku tidak mempunyai suami."
                Kata Yesus kepadanya:
                                "Tepat katamu,
                                bahwa engkau tidak mempunyai suami,
18                           sebab engkau sudah mempunyai lima suami
                                dan yang ada sekarang padamu,
                                bukanlah suamimu.
                                Dalam hal ini engkau berkata benar."
19           Kata perempuan itu kepada-Nya:
                                "Tuhan,
                                nyata sekarang padaku,
                                bahwa Engkau seorang nabi.
20                           Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini,
                                tetapi kamu katakan,
                                bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah."
21           Kata Yesus kepadanya:
                                "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan,
                                saatnya akan tiba,
                                bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini
                                dan bukan juga di Yerusalem.
22                           Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal,
                                kami menyembah apa yang kami kenal,
                                sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
23                           Tetapi saatnya akan datang
                                dan sudah tiba sekarang,
                                bahwa penyembah-penyembah benar
                                akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran;
                                sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
24                           Allah itu Roh
                                dan barangsiapa menyembah Dia,
                                harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
25           Jawab perempuan itu kepada-Nya:
                                "Aku tahu,
                                bahwa Mesias akan datang,
                                yang disebut juga Kristus;
                                apabila Ia datang,
                                Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami."
26           Kata Yesus kepadanya:
                                "Akulah Dia,
                                yang sedang berkata-kata dengan engkau."
27           Pada waktu itu datanglah murid-murid-Nya
                dan mereka heran,
                bahwa Ia sedang bercakap-cakap dengan seorang perempuan.
                Tetapi tidak seorang pun yang berkata:
                                "Apa yang Engkau kehendaki?
                                Atau:
                                 Apa yang Engkau percakapkan dengan dia?"
28           Maka perempuan itu meninggalkan tempayannya di situ
                lalu pergi ke kota
                dan berkata kepada orang-orang yang di situ:
29                           "Mari, lihat!
                                Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku
                                segala sesuatu yang telah kuperbuat.
                                Mungkinkah Dia Kristus itu?"
30           Maka mereka pun pergi ke luar kota
                lalu datang kepada Yesus.
31           Sementara itu murid-murid-Nya mengajak Dia,
                katanya:
                                "Rabi, makanlah."
32           Akan tetapi Ia berkata kepada mereka:
                                "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal."
33           Maka murid-murid itu berkata seorang kepada yang lain:
                                "Adakah orang yang telah membawa sesuatu kepada-Nya
                                 untuk dimakan?"
34           Kata Yesus kepada mereka:
                                "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku
                                dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.
35                           Bukankah kamu mengatakan:
                                Empat bulan lagi tibalah musim menuai?
                                Tetapi Aku berkata kepadamu:
                                Lihatlah sekelilingmu
                                dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning
                               dan matang untuk dituai.
36                           Sekarang juga penuai telah menerima upahnya
                                dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal,
                                sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita.
37                           Sebab dalam hal ini benarlah peribahasa:
                                Yang seorang menabur dan yang lain menuai.
38                           Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan;
                                orang-orang lain berusaha
                                dan kamu datang memetik hasil usaha mereka."
39           Dan banyak orang Samaria dari kota itu
                telah menjadi percaya kepada-Nya karena perkataan perempuan itu,
                yang bersaksi:
                                "Ia mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat."
40           Ketika orang-orang Samaria itu sampai kepada Yesus,
                mereka meminta kepada-Nya,
                supaya Ia tinggal pada mereka;
                dan Ia pun tinggal di situ dua hari lamanya.
41           Dan lebih banyak lagi orang yang menjadi percaya karena perkataan-Nya,
42           dan mereka berkata kepada perempuan itu:
                                "Kami percaya,
                                tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan,
                                sebab kami sendiri telah mendengar Dia
                                dan kami tahu,
                                bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."



Satu hari dalam perjalanannya menuju Galilea, Yesus singgah melepas lelah di dekat sebuah sumur di daerah Samaria. Di situ ia bertemu dengan seorang perempuan yang datang hendak menimba air. Terjadi percakapan di antara mereka. Lambat laun perempuan itu mengenali Yesus sebagai nabi dan sebagai Mesias yang kedatangannya ditunggu-tunggu orang sejak lama. Perempuan itu kemudian mengajak orang-orang sekota ikut menemui sang tokoh dan mereka pun menjadi percaya. Begitulah ringkasan isi Yoh 4:5-42 yang dibacakan pada Minggu III Prapaskah tahun A ini. Jalan ceritanya sederhana, tapi kaya akan makna bagi orang zaman sekarang pula.

Pada akhir tulisan ini akan ditunjukkan pula bagaimana Injil ini dapat dipakai membaca kembali peristiwa umat mempertengkarkan kehadiran ilahi yang diceritakan dalam Kel 17:3-7.

MENGUBAH CARA PANDANG

Wilayah Israel dulu terbagi tiga daerah, yakni Yudea (Yerusalem) di selatan, Galilea (Nazaret) di utara, dan di antara kedua wilayah ini terletak Samaria. Orang Yudea dan orang Galilea merasa diri orang Yahudi tulen walau sikap keagamaan masing-masing agak berbeda. Orang Yudea, khususnya yang di Yerusalem, beranggapan diri mereka lebih patuh beragama daripada orang Galilea yang biasanya lebih bebas sikapnya. Tetapi baik orang Yudea maupun orang Galilea umumnya menganggap orang Samaria sesat karena mereka hanya mengakui Kelima Kitab Musa (Pentateukh) sebagai Kitab Suci mereka. Orang Samaria juga dianggap bukan Yahudi tulen karena tercampur dengan orang-orang dari wilayah jajahan Asiria dulu. Ada sikap saling tak menyukai antara orang Yahudi (baik Yudea maupun Galilea) dan orang Samaria.  Dalam Yoh 4:9 dikatakan perempuan Samaria itu heran, masakan seorang Yahudi minta minum kepadanya, orang Samaria. Dan Injil menyisipkan penjelasan "Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria."

Perjumpaan dengan perempuan Samaria itu ditampilkan Injil Yohanes dalam bagian yang menunjukkan bagaimana kehadiran Yesus membawakan kegembiraan (bandingkan Yoh 2:1-11 pesta di Kana diselamatkan) dan membuat orang berpikir mengenai ibadat yang kelihatannya beres, tapi morat-marit di dalamnya (lihat Yoh 2:13-25 pembersihan Bait Allah). Setelah itu ada percakapan dengan Nikodemus (Yoh 3:1-10) mengenai perlunya "lahir kembali" untuk mengawali hidup batin bebas dari praanggapan-praanggapan saleh yang tidak menjamin hidup abadi. Percakapan dengan perempuan Samaria kali ini (Yoh 4:4-42) merangkum dua gagasan yang ditampilkan tadi, yakni bagaimana mencapai hidup abadi dan menyembah Yang Ilahi setulus-tulusnya.

Murid-murid Yesus heran (ay. 27) melihat guru mereka bercakap-cakap dengan seorang perempuan. Tidak dikatakan murid-murid itu heran guru mereka bergaul dengan orang Samaria. Murid-murid ini sudah mengatasi perbedaan suku dan agama dan wilayah, namun mereka belum lepas dari anggapan bahwa tak pantas seorang perempuan berbicara langsung dengan seorang guru mengenai soal-soal batin. Samar-samar Injil memberi kesan mereka akhirnya berubah pendapat mengenai kaum perempuan.

Dalam masyarakat Samaria, kaum perempuan cukup setara kedudukannya dengan kaum lelaki. Karena itu nanti perempuan Samaria tadi dapat membawa orang-orang kota Sikhar - tentunya kaum bapak terhormat - untuk datang menemui Yesus. Latar belakang ini membuat kita melihat betapa perjumpaan dengan Yesus yang ada dalam perjalanan itu berhasil mengubah sikap-sikap yang biasanya tidak lagi dipertanyakan. Perempuan Samaria itu berubah dari curiga menjadi beperhatian dan melihat Yesus sebagai nabi (ay. 19) dan bahkan Mesias (ay. 25-26). Ia kemudian malah mengajak orang-orang sekota menemuinya. Juga orang-orang Samaria yang lain berubah sikap dari hanya sekedar ingin tahu menjadi tulus dan ramah dan meminta Yesus - tentunya bersama murid-muridnya - tinggal di tempat mereka (ay. 39-42).

"KIRA-KIRA PUKUL DUABELAS"

Perempuan Samaria tadi datang ke sumur "kira-kira pada pukul dua belas" (ay. 6). Ini tak lazim. Biasanya orang tidak menimba air pada tengah hari. Boleh jadi perempuan tadi merasa kurang enak bertemu para perempuan lain. Memang kehidupan pribadinya tidak bisa dibanggakan, juga di masyarakat Samaria sendiri.

Suatu ketika dalam percakapan dengan perempuan Samaria tadi, Yesus memintanya memanggil datang suaminya. Tetapi perempuan itu menjawab ia tidak memiliki suami. Yesus membenarkan sambil menambahkan bahwa perempuan itu pernah bersuami sampai lima kali dan bahkan yang sekarang hidup bersama dengannya bukanlah suaminya. Percakapan mengenai kehidupan pribadi perempuan itu (ay. 16-18) merangkaikan pokok pembicaraan mengenai "air hidup" (ay. 7-15) dan "menyembah Bapa dalam Roh dan Kebenaran" (ay. 9-26).

Keadaan hidup pribadi yang tidak ideal bukan halangan untuk bertemu dengan Dia yang sedang berjalan lewat Samaria tadi dan menerima kekayaan batin dariNya. Juga tidak menjadi halangan bagi perempuan tadi untuk mengajak orang-orang sekotanya berbagi kekayaan rohani yang baru ini. Yesus bukan tokoh yang mengadili. Ia datang untuk memperkaya kehidupan batin sehingga orang mengenal Tuhan sebagai Bapa.

AIR YANG HIDUP

Dalam bagian pertama percakapan tadi (ay. 7-15) Yesus menyebut-nyebut "air yang hidup" yang bisa diberikannya kepada perempuan Samaria tadi. Dan air yang hidup itu tidak bakal membuat orang haus lagi. Yang meminumnya akan menemukan dalam batinnya mata air yang memancarkan air tak henti-hentinya sampai ke hidup abadi. Apa maksudnya? Dalam bahasa sehari-hari di sana dulu, "air hidup" ialah air yang mengalir, seperti air sungai atau air yang keluar dari sumber air, bukan air yang mandek seperti air yang tertampung dalam sumur.

Yesus - sumber air hidup - meminta minum dari perempuan Samaria yang datang hendak menimba air sumur yang bukan air mengalir - bukan air hidup. Meskipun Yesus menjelaskan arti rohani air hidup, perempuan tadi tidak langsung menangkap. Bisa jadi ia malah mengira Yesus berbicara mengenai tempat yang ada sumber air yang mengalir. Maka perempuan itu mau tahu di mana sehingga tak usah lagi datang ke sumur itu (ay. 15) sehingga tak perlu datang pada waktu sumur itu sepi. Ini sisi humor dalam dialog tadi. Hanya setelah pembicaraan berbelok menyangkut kehidupan pribadinya, barulah perempuan tadi sadar apa maksud Yesus.

DALAM ROH DAN KEBENARAN

Bagian kedua percakapan itu (ay. 19-26) berkisar pada tempat ibadat orang Samaria, yakni di-"gunung" ini, maksudnya gunung Gerizim, tempat pemujaan mereka. Orang Yahudi menganggap orang Samaria sesat karena ada anggapan tempat ibadat yang benar ialah Yerusalem. Perempuan tadi juga tahu hal itu (ay. 20). Tetapi Yesus mengatakan (ay. 21) bahwa akan tiba saatnya orang akan menyembah Bapa bukan di gunung itu dan bukan juga di Yerusalem. Tidak dikatakan di mana. Tapi yang dimaksudkannya jelas, yaitu di dalam dirinya. Lebih jelas lagi, Yesus menolak anggapan teologis yang waktu itu dikenakan orang Yahudi kepada orang Samaria. Mereka dianggap menyembah yang tak mereka kenal, sedangkan orang Yahudi sendiri menganggap diri mereka sajalah yang benar. Mereka mau memonopoli keselamatan (ay. 22). Yesus menegaskan, bukan hanya akan datang saatnya, melainkan sudah tiba saatnya orang menyembah Bapa dalam "roh dan kebenaran" - tidak terikat pada tempat yang membuat kehadiranNya terkurung. Itulah cara menyembah Bapa yang mendapat perkenanNya (ay. 23).

"Dalam roh dan kebenaran", maksudnya membiarkan dituntun oleh daya yang datang dari atas sana, yang betul-betul dapat memberi kelegaan, yang dapat menuntun ke hidup abadi. Dan perempuan tadi bukannya tidak tahu. Ia pernah mendengar bahwa Mesias akan datang untuk memberitakan semua itu (ay. 25). Yesus mengatakan bahwa Mesias yang dimaksud ialah dirinya yang saat itu sedang berbicara dengannya (ay. 26). Saat itulah perempuan tadi mulai mengerti dan segera pergi mengabarkan kepada orang-orang sekota untuk datang menemui Yesus (ay. 28) Dikatakan perempuan itu meninggalkan tempayannya - ia lupa akan tujuan semula pergi ke sumur. Ia mendapatkan sesuatu yang tak terduga-duga sebelumnya yang jauh lebih berharga. Dan inilah yang dikabarkannya kepada orang-orang sekota.

MAKNA

Baik pembaca dari zaman dulu maupun dari zaman sekarang sama-sama diajak menyadari bahwa Tuhan tetap mendatangi manusia, meskipun kekaburan mata batin kita sering membuat sosoknya kurang jelas dan suaranya terdengar lirih oleh telinga batin yang belum peka. Namun Tuhan membantu, kadang-kadang dengan menyapa kehidupan pribadi kita yang sering menjadi beban yang hanya bisa ditanggung. Baru di situ kita akan menyadari bahwa ada kekuatan dari atas yang mendekati dan memerdekakan.

Pembaca Injil Yohanes diajak memakai percakapan seperti itu untuk membaca kehidupan ini. Halangan-halangan sosial dan moral juga tidak lagi dibiarkan membuat kehidupan rohani macet. Juga sisi-sisi gelap masing-masing tidak usah lagi menjauhkan orang dari sumber air hidup yang menjadi bekal perjalanan ke hidup abadi. Orang diajak melihat terangnya sabda ilahi, dan tak usah murung, malu, terintimidasi oleh sisi-sisi gelap kehidupan ini yang toh tidak bisa diatasi dengan kekuatan sendiri.

Bagaimana Injil ini dapat dipakai membaca kembali peristiwa umat mempertengkarkan kehadiran ilahi yang diceritakan dalam Kel 17:3-7? Umat yang sedang berjalan di padang gurun itu kehausan dan mendambakan "air" agar bisa terus "hidup". Ada perkara yang lebih dalam. Teks Keluaran itu mengisahkan bagaimana kehidupan yang sulit di padang gurun memang membuat orang sulit percaya bahwa Yang Ilahi tetap melindungi. Dan umat waktu itu memang tidak percaya lagi. Umat di padang gurun waktu itu ingin menemui Yang Ilahi dalam ukuran-ukuran mereka sendiri, dalam cara-cara yang mengenakkan diri mereka. Dan bukan dalam cara yang ditawarkanNya sendiri. Ini amat berbeda dengan yang terjadi pada perempuan Samaria dan orang sekotanya. Seperti diulas di atas, lambat laun perempuan yang tadinya terhalang macam-macam hal (sikap permusuhan orang Samaria terhadap orang Yahudi, kehidupan pribadi perempuan itu sendiri) berhasil mengerti dan yakin bahwa sang tokoh ini ialah Mesias. Malah orang-orang sekota akhirnya dibawanya menjadi percaya.

Salam hangat,
A. Gianto

ditulis oleh Romo Agustinus Gianto, SJ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar